0
Memperdalam tentang pronoun atau kata ganti dalam bahasa inggris, maka posting ini adalah kelanjutannya.

ok, let's start with example

anggap saja namaku tom dan aku sedang menyapu lantai.

dalam kalimat bisa ditulis dengan :

i sweep the floor

aku tom digantikan dengan "I"


contoh: aku melihat helga (perempuan) menyapu lantai.

dalam kalimat saya berkata:

 she sweeps the floor

jadi ada perbedaan tentang kalimat diatas. yaitu saat saya menyebut diri saya sendiri dan menyebut orang lain (orang ketiga)

jadi ketika kita melakukan pekerjaan untuk diri kita sendiri maka saya hanya perlu menulis atau menyebut kata kerja tanpa embel-embel lain.

ini juga berlaku untuk kata ganti you, they dan we.

sedangkan saya menambahkan embel-embel 's/es' untuk kata ganti she (orang ketiga) saat saya menyebut atau menulisnya.
jadi saat ada orang ketiga melakukan pekerjaan harus ditambahi s/es

contoh lain untuk 'es'

dita melihat tv

dita watches the tv

kata kerja watch yang artinya melihat ditambah 'es' untk kata ganti orang ketiga 

dan penggunaan ini berlaku juga untuk kata ganti he dan it.

jadi kalau ada he, she dan it melakukan pekerjaan maka kata kerja di tambah s/es.

lain halnya jika kalimat tanpa menggunakan kata kerja atau bisa disebut dengan kalimat nominal.

contoh:

i am blogger

you are farmer

we are greengrocer

they are student

she is a teacher

he is a gamer

it is nice

bisa disimpulkan bahwa kata yang berwarna merupakan kata yang dipakai jika ingin menulis kalimat tanpa kata kerja.

i = am
you, we, they = are
he, she, it = is

jadi tidak bisa menuliskan i am is a teacher = salah karena menggunakan auxiliary verb lebih dari satu di 1 kata atau kalimat.

oh ya: am, are, is adalah auxiliary verb atau kata kerja bantu

dalam hal ini auxiliary verb to be.


kalimat yang menggunakan kata kerja bantu juga bisa disingkat. jika kamu pernah melihat di sosial media atau di lainnya. seperti di bawah ini.

i'm blogger

you're farmer

we're greengrocer

they're student

she's a teacher

he's a gamer

it's nice



semoga paham sampai sini.

Post a Comment

 
Top