0
img: wikipedia
pada dasarnya ada banyak jenis dan merk komputer yang bertebaran saat ini dan beberapa sistem operasi dalam bahasa inggris OS (operating sistem) komputer yang banyak digunakan saat ini adalah.

1. Linux
merupakan sistem operasi sumber terbuka yang berlisensi GNU dan bisa dimiliki oleh siapapun tanpa harus membeli dan bisa di download gratis dari internet.
linux sendiri ditemukan oleh linus torvalds yang sampai saat ini menjadi inti pembuat kernel linux tersebut.
linux sendiri bisa diedit dan diubah serta dimodifikasi oleh orang lain kemudian bisa disebarkan dan diperbanyak dengan catatan tidak mengubah sumber asli berdasarkan lisensi dari GNU.
Linux adalah sistim operasi komputer yang paling banyak digunakan didunia dan ada banyak pilihan dari sistim operasi ini atau biasa disebut dengan distro linux. contoh: debian, ubuntu, kalilinux, blankon OS, redhat, fedora, mandrake, slackware, dll

2. Windows
merupakan sistim operasi besutan bill gates.
sistim operasi windows banyak digunakan di indonesia, karena mayoritas hardware yag dijual di Indonesia digunakan oleh sistim operasi ini. windows adalah sebuah sistim operasi yang berlisensi, jadi ketika anda membeli sistim operasi ini, berarti nada sudah membayar atau sudah membeli file disk yang berisi sistim operasi windows dan ketika anda menginstall di komputer anda akan diminta serial key untuk mengaktifkannya. harga sistim operasi ini bisa sampai jutaan.
jadi ketika anda menggunakan sistim operasi bajakan sudah tentu anda melanggar peraturan dan bisa di tuntut dengan hukum yang berlaku.

3. Mac OS
macintos operating sistem merupakan milik dari apple yang pertama kali dibuat oleh Steve Jobs.
sistim operasi ini biasanya digunakan oleh komputer atau laptop yang berasal langsung dari apple.
jadi dengan kata lain mac os sudah ada dalam instalasi laptop apple, tetapi tidak dipungkiri bahwa komputer apple juga bisa dipasang atau diinstall dengan sistim operasi linux.
kalian juga tidak bisa menyebarkan dan memodifikasi sitem operasi ini karena halnya windows, sistim operasi ini berbayar. jadi adalah melanggar aturan ketika kalian menyebarluaskan sistim operasi ini.


tulisan ini hanya sebagai pembuka, di label teknologi informasi.
tapi semua hal diatas kembalia lagi pada pilihan masing-masing individu.

Post a Comment

 
Top